Menurut Sukardi

Menurut Sukardi (2014 : 53) bahwa tempat penelitian adalah tempat dimana proses studi yang digunakan untuk memperoleh pemecahan masalah penelitian berlangsung.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Adapun alasan dilakukannya penelitian ditempat tersebut karena :
a. Sebagai tempat pengalaman lapangan
b. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau
c. Terdapat masalah yang dapat di teliti dan sesuai dengan judul yang diangkat.
2. Obyek dan Subyek Penelitian
a. Obyek Penelitian
Menurut Sugiono (2011 : 38) bahwa obyek penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Sebagai obyek atau sasaran dalam penelitian ini yaitu hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan keaktifan belajar siswa.
b. Subyek Penelitian
Menurut Arikunto (2009 : 88) bahwa subyek penelitian adalah benda, hal atau orang, tempat data untuk variabel penelitian melekat, dan yang dipermasalahkan.
Yang menjadi subyek penelitian dalam hal ini yaitu seluruh guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.